Menurut Aristoteles hukum adalah, dimana masyarakat menaati dan menerapkannya dalam anggotanya sendiri.
Hukum itu memiliki beberapa unsur antara lain : peraturan itu bersifat mengikat dan memaksa, peraturan itu mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat, peraturan juga diadakan oleh badan-badan resmi serta pelanggaran terhadap peraturan tersebut dikenakan sanksi yang tegas. Hukum hukum juga dapat di bedakan dari segi bentuknya yaitu hukum tertulis, hukum yang tercantum dalam pelbagai peraturan-peraturan dan hukum tak tertulis yaitu hukum yang hidup dalam keyakinan masyarakat dan biasanya di terapkan dan di taati dalam kehidupan sehari-hari seperti adat istiadat.
Adapun Pengertian hukum ekonomi
Hukum ekonomi adalah suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat.
Hukum ekonomi dibedakan menjadi 2 yaitu :
Hukum ekonomi pembangunan, adalah yang meliputi peraturan dan pemikiran hukum mengenai cara-cara peningkatan dan pengembangan kehidupan ekonomi Indonesia secara Nasional.
Hukum Ekonomi Social adalah yang menyangkut peraturan pemikiran hukum mengenai cara-cara pembagian hasil pembangunan ekonomi nasional secara adil dan martabat kemanusiaan (hak asasi manusia) manusia Indonesia

About these ads